Kamis, 07 Desember 2017

E-MARKETING 2017

Selamat Pagi ...
Tanggal 6-7 Desember 2017 kami berkesempatan mengikuti pelatihan E-Marketing yang diadakan Dispora Kab. Magelang. Sebuah kesempatan bagi kami untuk belajar, meng upgrade diri. Kami penggiat wisata dari seluruh penjuru Kab. Magelang berjumlah 30 obyek wisata berkumpul di 'Omah Mbudur' Wanurejo Borobudur. Tempat yang luas, indah, asri dan eksotic ini milik Bpk, Nuryanto seorang seniman pemilik lidiah art dan Tokoh Wisata tersohor. 
Diawali dengan registrasi peserta pada pukul 08.00 acara di mulai. Dibuka dengan sambutan dan petuah dari Bpk. Iwan Sutiarso, selaku Kepala Dinas Dispora Kab. Magelang yang menekankan penting dan besarnya mafaat Promosi Internet untuk sebuah obyek wisata. Obyek wisata magelang yang banyak dan sangat beragam perlu segera di kelola dengan manajemen yang baik. Untuk itu melalui pelatihan E-Marketing, sehingga obyek wisata Magelang lebih dikenal luas dan banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun internasional.

Materi diawali oleh nara sumber Bpk Hani Sutrino, beliau seorang owner Desa Bahsa Borobudur yang sangat terkenal. Disampaiakan oleh beliau cara bagaiamana seeorang mempersiapkan sebuah usaha. Dimulai dengan niat, kerja keras, Tentukan target, , infaq shodaqoh. Sebuah motivasi yang luar biasa, menyentak kalbu untuk berbuat yang terbaik, selalu semangat dan berdo'a dan berserah diri Kepada-Nya. Sungguh sebuah pesan motivasi lahir bathin berguna untuk kami.
Materi kedua disampaikan nara sumber Bpk. Awan Wiratno paka Internet Marketing Online. Beliau menyampaikan cara berpromosi via Facebook secara benar, menarik dan tertarget. Dulas dengan jelas tentang aturan dan tata cara, trik berpromosi dengan media fb. Diharapkan dengan ilmu yang disampaikannya kepada peserta pelatihan E-Marketing  bisa mengUpgrade cara promosi. Sehingga bisa mencapai hasil yang lebih baik.
Diawali setelah rehat siang, materi ketiga dimulai oleh Bpk. Bayu Agung Nugroho yang menyampaikan efektifnya berpromosi sebuah destinasi wisata melali Twitter. Sebuah cara berpromosi yang singkat, padat, efektif. Kita bisa berpromosi tanpa dibatasi oleh kuantitas. Setiap saat setiap kesempatan, bisa bebas berpromosi. Disampaikan pula tentang trik dan strategi ber Twitter yang tertarget.
Materi Pelatihan yang ketiga disampaikan oleh Bpk. Ari seorang pakar Intagram dengan follower terbanyak. Materi disampaikan dengan jelas terperinci mengenai betapa efektif nya berpromosi lewat Instagram. Instagram adalah cara berpromosi yang mengedepankan sebuah Foto ataupun video. Sebuah destinasi wisata tentu mengandalkan gambar untuk menarik wisatawan. Dengan Intagram kita bisa lebih mudah berpromosi. Dijelaskan oleh beliau tentang strategi ber Instagram. Bagaimana bisa menghadirkan sebuah foto yang bisa memancing orang yang melihat untuk datang. 
Secara keseluruhan acara pelatihan E-Marketing hari pertama sukses dan benar benar memberikan manfaat bagi destinasi wisata kami. Semoga dengan ilmu-ilmu yang kami dapatkan dari pelatihan ini bisa meningkatkan jumlah pengunjung dan memberi berkah bagi kami semua. Aamiin
Pada hari kedua tanggal 7desember 2017, sesuai agenda pelatihan E-Marketing diisi dengan kunjungan study banding ke Obyek wisata Nglinggo dan Kalibiru Kulonprogo Yogyakarta. Dimulai dengan registrasi peserta jam 08.00. Dengan tanpa membuang waktu perjalanan dimulai dari Kantor Dispora KAB. magelang menuju Nglinggo. Ngliggo adalah sebuah tempat wisata yang dikenal dengan hamparan kebun teh berpadu dengan Indahnya pegunungan menoreh. Nglinggo sangat unik karena berada di dua kabupaten yatu kab. Magelang dan Kab. Kulonprogo. Hnya berbatasan sebuah jalan selebar 2 m. Hamparan kebun teh sayng hijanu sepanjang mata memandang menghadirkan kesejukan lahir bathin. Hasil teh yang sudah dikemas oleh warga dan disajikan di warung warung kecil sepanjang jalan. Rasa khas teh yang diapde dengan manisnya gula aren sungguh menyajikan sensasi luarbiasa. Disini juga terdapat beberapa spot foto yang unik. Sebuah jeep yang berada di tebing jurang memancing nyali bagi penghobi fotografi ekstrim. Terdapat pula spot jembatan dengan bacground eksotiknya pegunungan menoreh. Diatas sana gagahnya gunung jaran menantang pengunjung utuk menikmati destinasi wisata Nglinggo lebih luas dari ketinggian. Wisata Nglinggo layak direkomndasikan untuk wisata keluarga.
Study banding wisata berlanjut ke Kalibiru Kulonprogo. Namun sebelumnya rehat siang di Rumah Makan TOP VIEW, sebuah tempat di pinggir waduk Sermo yang indah. Makan siang sambil memandang Luasnya air waduk Sermo menambah kenikmatan. Perjalanan berlanjut ke Destinasi Wisata andalan Kulonprogo yaitu Kaibiru. Kami berkesempatan untuk belajar langsung dari pengelolanya. cerita sejarah awal, pembentukan dan kesuksesan sekarang, sungguh menyemangatkan kami. Kalibiru berada diatas bukit dan menyediakan banyak spot foto yang selalu menjadi pioneer. Ditunjang dengan SDM yang luar biasa menjadikan kalibiru sangat diminati pengunjung dengan rata' 750 pengunjung hari biasa dan 2.000 pengunjung di week end. Destinasi disini bisa berkembang karena semangat pengelola, promosi yang kuat serta skill foto grafi.
Semoga Destinasi wisata di Kab. Magelang bisa berkembang dengan ilmu-ilmu e marketing nya.
Terima Kasih Dispora Kab. Magelang  atas kesempatan yang diberikan kepada kami, terima kasih juga kepada teman-teman destinasi wisata yang sangat saya banggakan.
Terima kasih
ALBUM E-MARKETING 2017
TUNTUTLAH ILMU SAMPAI KALIBIRU

KALIBIRU BIKIN RINDU

WISATA MAGELANG,KU  LOMPATLAH LEBIH TINGGI
SRIKANDI WISATA MAGELANG

DAMAI
KEEP SMILE
DI KEBUN TEH NGLINGGO

BERBARIS MAJUKAN WISATA MAGELANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar